Bingung Cara Mengajari Anak Membaca? Ini Tips & Triknya

Bunda masih belum yakin bagaimana cara mengajarkan anak membaca yang tepat dan efektif? Tak perlu khawatir, yuk perhatikan beberapa tips & trik berikut ini.

cara mengajari anak membaca
Mengajarkan anak membaca harus dengan cara efektif sekaligus menyenangkan

Pentingnya Memahami Cara Mengajari Anak Membaca

Mengetahui dan memahami cara mengajarkan anak membaca yang efektif tentu penting dimiliki semua orang tua karena ini akan membantu proses Si Kecil belajar membaca dengan lebih baik.

Salah satu manfaat belajar membaca bagi Si Kecil tentu saja melatih kemampuan bahasa dan komunikasinya. Apalagi kinerja otak akan menjadi aktif karena terstimulasi saat Si Kecil melakukan kegiatan membaca. Ketika Si Kecil membaca, maka otaknya akan menerima dan memproses kegiatan ini sebagai stimulus yang meningkatkan kemampuan kognitif otaknya.

anak belajar membaca
Membaca cerita membantu Si Kecil belajar membaca dengan lebih menyenangkan

Cara Mengajari Anak Membaca dengan Efektif

Agar Si Kecil bisa membaca dengan cepat, Bunda tentu perlu memilih mana cara mengajarkan anak membaca yang lebih efektif. Dari sekian banyak cara yang ada, beberapa cara berikut ini bisa Bunda terapkan untuk Si Kecil di rumah.

  • Gunakan lagu anak sebagai sarana belajar
    Mendengar dan menyanyikan lagu anak-anak adalah cara mengajarkan anak membaca yang menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga membuat Si Kecil mengenali suara huruf dan suku kata sehingga membantunya belajar membaca.
     
    Saat menyanyikan lagu anak-anak, ajaklah Si Kecil untuk menyanyikan lirik lagu bersama sambil bertepuk tangan. Kegiatan ini sangat menyenangkan untuk Si Kecil dan merupakan aktivitas yang dapat membantu ikatan orang tua agar lebih dekat dengan anak.
     
    Tak hanya itu, menyanyikan lirik lagu bersama sambil bertepuk tangan juga meningkatkan kemampuan dasar membaca yang baik pada anak.
  •  

  • Membacakan buku secara rutin
    Salah satu cara mengajarkan anak membaca adalah dengan rajin membacakan buku untuknya. Jika Bunda atau Ayah sering membacakan buku untuk Si Kecil, lama kelamaan ia akan tertarik dengan buku dan penasaran ingin membacanya.
     
    Dengan membaca berulang-ulang buku yang sama, Si Kecil juga belajar mengenal huruf-huruf yang tertulis di buku. Ini karena otaknya terlatih saat mendapat stimulasi berupa kata-kata yang tertulis dan gambar yang ada di dalam buku.  Tentunya ini akan mempermudah Si Kecil belajar membaca serta membantu melatih kemampuan otaknya dalam mengembangkan kreativitas dan berimajinasi.
     
    Ada sangat banyak manfaat membaca buku bersama Si Kecil secara rutin. Tak hanya membuat Si Kecil akrab dengan huruf dan memahami cara membaca sebuah kata, membacakan buku untuk anak juga memperkuat ikatan antara orang tua dengan anak, lho. Karena saat Bunda membacakan buku untuk anak, terjadi interaksi antara Bunda dengan Si Kecil. Anak jadi merasa diperhatikan, sedangkan Bunda atau Ayah jadi punya kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama anak di sela-sela kesibukan sehari-hari.
     
    Saat membacakan buku, Bunda juga bisa menstimulasi kecerdasan Si Kecil dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan kata atau gambar di dalam buku tersebut. Bunda juga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil dengan bertanya pendapat Si Kecil tentang karakter atau jalan cerita dalam buku yang telah dibacakan. Jadi, sering-seringlah membacakan buku untuk Si Kecil ya, Bunda.
  •  

  • Terapkan Metode “Lihat Kata dan Ucapkan”
    Cara mengajarkan anak agar dapat membaca lainnya adalah dengan membuat lingkungan rumah kaya akan susunan kata dan huruf sehingga Si Kecil akan terdorong untuk membaca dan melihat huruf atau kata setiap hari. Bunda bisa mencetak beberapa poster berisi huruf abjad atau membeli buku yang dipenuhi gambar-gambar dan meletakkannya di berbagai tempat di rumah.
     
    Dengan lingkungan yang dipenuhi berbagai huruf dan kata-kata ini, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk aktif melihat dan mengucapkan kata yang ia lihat. Caranya, jika melihat huruf atau kata, tanyakan pada Si Kecil bagaimana suara dari huruf yang ia lihat atau bagaimana cara membaca kata yang ia lihat. Misal, saat melihat poster bertuliskan “kamar” di depan pintu kamar tidurnya, Bunda bisa menunjuk kata tersebut dan membacanya serta meminta Si Kecil mengulang kata-kata yang Bunda ucapkan. Kemudian di hari-hari berikutnya, tunjuk lagi kata tersebut dan minta Si Kecil untuk membacakannya.
  •  

  • Bermain Menggunakan Kartu
    Cara lainnya yang juga tak kalah menyenangkan adalah bermain dengan kartu sederhana. Di dalam kartu-kartu ini, Bunda bisa menuliskan huruf-huruf abjad sebagai langkah memperkenalkan huruf kepada si Kecil atau bisa juga menuliskan kata sederhana dilengkapi gambar ketika Si Kecil sudah mulai menghafal huruf.
     
    Bacakan masing-masing huruf pada kartu yang ada dan ajak Si Kecil untuk mengulangi setiap kartu yang Bunda bacakan. Kemudian setelahnya, Bunda bisa mengambil kartu secara acak, atau minta Si Kecil memilih kartu yang ia suka, dan ajak Si Kecil menebak huruf atau kata yang tertulis pada kartu tersebut.
     
    Permainan kartu ini juga bisa membantu Si Kecil melatih kemampuan fonetiknya. Caranya, tuliskan kata-kata yang terdiri dari 3-4 huruf, kemudian minta Si Kecil untuk tak hanya membaca kata yang ada pada kartu tapi mengeja tiap huruf yang membentuk kata tersebut

Cara Mengajari Anak Membaca Tak Bisa Sembarangan

Sebenarnya mengajarkan anak membaca tidaklah terlalu susah. Biasanya yang menjadi tantangan adalah bagaimana agar proses mengajari Si Kecil belajar terasa menyenangkan. Bunda tentu memahami, proses belajar membaca membutuhkan Si Kecil untuk fokus, sedangkan ini hal yang agak sulit bagi Si Kecil yang mudah bosan. Inilah pentingnya mencoba beberapa cara dan mempraktikkannya secara bergantian. Selain agar Si Kecil tak mudah bosan, juga untuk menemukan mana cara yang paling ocok dengan karakter anak.

Meski sebenarnya mudah, mengajarkan Si Kecil membaca tak boleh sembarangan, lho, Bunda. Dari berbagai cara tadi, Bunda tetap perlu mencoba dan memilih mana yang lebih disukai Si Kecil. Jangan pernah memaksakan anak untuk belajar membaca jika ia sedang tidak mau. Hindari juga menyuruh Si Kecil belajar membaca untuk waktu yang cukup lama. Jika Si Kecil memiliki kecepatan belajar yang lebih lambat dibanding saudara atau teman seusianya, Bunda tak usah panik karena tiap anak memang memiliki kecepatan belajar yang berbeda.

Sabar Adalah Kunci Saat Mengajari Si Kecil Membaca

Sambil mendampingi Si Kecil yang sedang berusaha belajar membaca, sangat penting bagi Bunda untuk bersabar dalam mengajar agar proses belajar jadi lebih menyenangkan. Jangan lupa juga untuk merawat dan melindungi kulit dan rambut Si Kecil dengan Cussons Kids Naura Limited Edition Series agar ia tetap segar dan bersemangat untuk belajar membaca setiap hari! Diformulasikan khusus dengan minyak jojoba dan vitamin E, Cussons Kids Naura Limited Edition Series tak hanya membersihkan dan menjaga kulit Si Kecil, tapi juga dilengkapi wangi berries segar untuk membangkitkan keceriaan Si Kecil saat sibuk belajar membaca.

Yuk, terapkan beberapa cara tadi untuk mengajarkan membaca pada Si Kecil tercinta. Pastikan cara yang Bunda pilih membuat proses belajar membaca jadi menyenangkan untuk Si Kecil. Jadikan juga proses mengajari Si Kecil membaca sebagai pengalaman yang tak hanya bermanfaat positif untuk Si Kecil, tapi juga bermanfaat untuk Bunda dan Ayah sebagai orang tua, ya!

 
 
 

Leave a Reply

0 Comments