Fakta Anak Pertama: Benarkah Urutan Lahir Mempengaruhi Sifat Si Kecil?

Ada banyak fakta anak pertama yang sering dibahas, namun pernah kah Bunda bertanya sejauh mana kebenaran dari fakta-fakta yang biasanya dibahas ini. Benarkah urutan lahir anak berpengaruh pada sifat Si Kecil? Yuk, cari tahu lebih lanjut.

fakta anak pertama
Ada Beberapa Sifat Yang Membedakan Si Kecil Dengan Adik-Adiknya

Fakta Anak Pertama, Mitos atau Bukan?

Pernahkah Bunda bertanya-tanya dalam hati, ada kah hubungan antara urutan kelahiran anak dengan kepribadian mereka? Apakah benar urutan kelahiran mempengaruhi sifat anak? Ternyata faktanya, menurut penelitian, karakter anak dapat dipengaruhi oleh urutan kelahiran mereka, lho. Hanya saja, sejauh mana sih kebenaran fakta-fakta soal anak pertama yang sering dibahas?

Fakta anak sulung, anak tengah atau anak bungsu, biasanya mereka memiliki sifat khas yang sangat berbeda. Padahal sebenarnya sifat atau karakter anak tak hanya dipengaruhi urutan kelahirannya, namun bisa juga terjadi sebagai hasil dari perlakuan orang tua terhadap anak karena urutan kelahiran tersebut.

Apalagi ada juga faktor situasi dan kondisi keluarga yang tak sama saat membesarkan anak pertama dan anak lainnya sehingga bisa saja sifat dan karakteristik seorang anak dipengaruhi oleh hal ini. Satu hal yang jelas, memang ada semacam garis merah yang menghubungkan sifat-sifat para anak pertama meski tentu saja hal ini mungkin tidak berlaku bagi semua orang di seluruh dunia

anak sulung
Anak Pertama Sering Disebut Lebih Mandiri

Karakteristik dan Fakta Anak Pertama

Ada beberapa fakta anak sulung alias anak pertama yang sering menjadi stereotipe dan dikatakan sebagai karakteristik anak yang lahir lebih dahulu. Yuk, lihat apa saja fakta dan karakteristik Si Anak Pertama sambil melihat penjelasannya dari mana sebenarnya sifat tersebut muncul. Apakah benar beberapa sifat dan karakteristik yang identik dengan anak pertama, muncul karena urutan lahir mereka?

 

  • Mandiri

Salah satu fakta yang cukup sering dibahas adalah: anak yang lahir pertama itu lebih mandiri dibanding adik-adiknya. Fakta ini cukup tepat pada anak kelahiran pertama yang kemudian memiliki adik. Kenapa? Karena dengan kehadiran adik, otomatis perhatian orang tua akan terbagi bahkan beberapa kali tak punya cukup waktu untuk anak pertama. Ini menyebabkan Si Kecil yang merupakan anak sulung harus terbiasa tumbuh dengan perhatian yang terbagi sehingga akhirnya ia pun harus bisa mandiri dan mengurus dirinya sendiri.

  • Pemimpin Alami

Anak pertama sering dibilang memiliki karakteristik seorang pemimpin. Fakta yang satu ini bisa dibilang terjadi pada anak pertama yang sering diserahi berbagai tanggung jawab, misalnya menjaga adik-adiknya, oleh orang tua. Anak pertama biasanya juga diminta menjadi panutan bagi adik-adiknya oleh para orang tua. Karena terbiasa memiliki berbagai tanggung jawab dan bersikap layaknya seorang yang patut dianut inilah banyak anak pertama yang mudah menjalani peran sebagai seorang pemimpin saat ia beranjak dewasa.

  • Perfeksionis

Untuk fakta yang satu ini sebenarnya lebih dipengaruhi oleh pola asuh orang tua ketika ia lahir. Biasanya orang tua yang baru pertama kali memiliki anak tentu sangat gembira dan ingin memberikan semua yang terbaik untuk Si Kecil. Namun kondisi ini membuat beberapa orang tua menjadi terlalu idealis atau terlalu khawatir tentang banyak hal sehingga anak pertama mereka cenderung memiliki sifat perfeksionis.

  • Mendapatkan Didikan Lebih Keras

Pola asuh orang tua yang baru pertama kali mengasuh anak sehingga mereka lebih kaku menyebabkan anak pertama mendapatkan didikan lebih keras dengan segudang peraturan. Selain itu, karena kebanyakan anak pertama mendapatkan “beban” untuk menjadi contoh baik bagi adik-adiknya, ada banyak orang tua yang biasanya menghukum anak pertama lebih berat dibanding adik-adiknya ketika mereka melakukan sebuah kesalahan.

  • Lebih Hati-Hati dan Taat Peraturan

Sedikit banyak fakta anak sulung ini berkaitan dengan karakter mereka yang cenderung perfeksionis. Karena ingin semua hal sempurna, kemudian anak mengembangkan sifat takut akan kegagalan sehingga mereka sangat berhati-hati dalam melakukan segala hal. Kecenderungan ini pula lah yang kemudan membuat anak kemudian jadi lebih taat peraturan dan susah keluar dari zona nyaman untuk mencoba hal baru. Karena mereka tak mau berbuat kesalahan yang akhirnya membawa mereka pada masalah dan kegagalan.

  • Peduli Namun Protektif

Karakteristik yang juga fakta anak pertama berikut ini bisa jadi muncul karena sebagian anak pertama terbiasa menjaga dan mengurus adik-adiknya. Selain itu, anak pertama yang memiliki adik satu atau lebih biasanya dimintai bantuan oleh orang tua untuk melindungi sang adik saat orang tua sibuk. Kebiasaan dan didikan inilah yang kemudian membuat banyak anak pertama memiliki sikap peduli dan juga protektif terhadap orang-orang yang mereka sayangi.

  • Biasanya Egois

Hal ini bisa disebabkan karena sebagai anak pertama, Si Kecil tentu akan mendapat perhatian dan kasih sayang orang tua hanya untuk dirinya sendiri sebelum akhirnya ia memiliki saudara. Apalagi jika usia Si Kecil dengan adiknya terpaut cukup jauh, maka Si Kecil bisa jadi memiliki sifat egois. Namun sifat ini akan berubah ketika usianya bertambah dewasa dan ia sudah belajar memahami perasaan orang lain.

  • Mudah Stres

Untuk fakta anak pertama berikut sebetulnya juga berlaku untuk setiap anak dengan urutan lahir lainnya. Karena karakteristik orang mudah stres tentu lebih dipengaruhi oleh pola asuh, lingkungan, kondisi keluarga serta banyak hal lainnya. Karakteristik ini menjadi lekat dengan fakta anak sulung karena biasanya mereka diberi cukup banyak tanggung jawab oleh orang tua mereka sejak masih kecil sehingga mereka cenderung memikirkan banyak hal dan ujung-ujungnya mudah stress.

 

Pola Asuh Tepat Sesuai untuk Si Anak Pertama

Nah, setelah membahas beberapa fakta dan karakteristik anak pertama, tentu Bunda bisa mencocokkan langsung dengan Si Kecil yang merupakan anak sulung di rumah. Apakah benar Si Kecil yang merupakan anak pertama memiliki karakteristik tadi, atau malah tidak sama sekali? Tentunya bahasan karakteristik dan fakta tadi hadir bukan sebagai patokan melainkan hanya gambaran kasar sifat umum anak pertama.

Saat menerapkan pola asuh untuk mendidik Si Kecil, sebaiknya Bunda tidak terlalu berpatokan pada fakta-fakta tadi, ya. Setiap anak tentu memiliki sifat dan karakteristik masing-masing yang tidak ada kaitan dengan urutan lahir mereka karena ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi sifat dan karakteristik anak pertama. Misalnya saja jumlah saudara, budaya di keluarga, kondisi lingkungan, dll. Lebih baik dampingi saja Si Kecil dan berikan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya di periode emas tumbuh kembang anak.

Saat Bunda mendampingi dan mendidik Si Kecil, biarkan rangkaian Cussons Kids Naura Limited Edition Series yang tak hanya menjaga dan merawat, tapi juga memberikan kesegaran di tubuh dan rambut Si Kecil sehingga ia bisa menjalani hari-harinya dengan lebih menyenangkan. Dengan rangkaian Cussons Kids Naura Limited Edition Series, tak peduli Si Kecil adalah anak pertama, anak tengah atau anak bungsu, wanginya yang segar akan membangkitkan keceriaan Si Kecil dan membuatnya bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari!

Leave a Reply

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *