Tips Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Ada banyak kegiatan seru untuk meningkatkan kreativitas anak yang bisa Bunda lakukan bersama Si Kecil dari rumah, cobain yuk!

kreativitas anak
Kreativitas Anak Harus Dibangun dan Dikembangkan Sejak Dini

Meningkatkan Kreativitas Anak Itu Penting

Tahukah Bunda kalau kreativitas adalah potensi penting yang harus dikembangkan sejak dini karena penting bagi kehidupan Si Kecil di masa depan? Memiliki kreativitas tinggi sangat bermanfaat pada perkembangan kecerdasan Si Kecil. Dengan kreativitas, ia punya pondasi untuk berpikir lebih baik, bisa lebih produktif, lebih kritis dalam menyelesaikan masalah, serta kesempatan untuk menemukan berbagai hal baru.

Jika kreativitasnya tidak dikembangkan, maka kecerdasan dan kelancaran berpikir Si Kecil bisa jadi tidak berkembang. Padahal kecerdasan dan kemampuan berpikir yang baik, sangatlah penting untuk perkembangan Si Kecil di masa depan. Kreativitas juga perlu distimulasi sejak usia dini karena di periode emas masa pertumbuhannya inilah kreativitas anak lebih mudah dikembangkan.

Apa Saja Manfaat Kreativitas Anak Bagi Si Kecil?

Ada banyak manfaat kreativitas bagi anak yang positif untuk Si Kecil. Kreativitas akan membuat Si Kecil menjadi produktif karena saat ia berkreasi, anak tentu terdorong untuk mengeksplorasi hal-hal baru serta memikirkan berbagai ide yang belum pernah terpikir sebelumnya sehingga ia dapat menghasilkan sesuatu.

Anak yang kreatif juga cenderung tidak mengalami ketergantungan pada gadget sehingga kecerdasannya bisa berkembang dengan lebih baik. Selain beberapa manfaat ini, sebuah penelitian dari Amerika juga mengatakan bahwa memiliki jiwa kreatif ternyata berdampak positif untuk kesehatan mental seseorang.

Saat melakukan stimulasi terhadap kreativitas anak, Si Kecil akan diajak untuk berpikir, berimajinasi, dan memiliki kemampuan untuk melihat berbagai kemungkinan solusi saat menyelesaikan suatu masalah.  Tak hanya itu, memiliki kreativitas tinggi mendorong Si Kecil yang selalu ingin tahu untuk memanfaatkan barang-barang di sekitarnya menjadi hal-hal tak terduga. Bayangkan jika semua potensi dan kemampuan ini diarahkan dengan baik, tentunya akan sangat berguna untuk masa depan Si Kecil.

Cara Menyenangkan untuk Mengasah Kreativitas Anak

Pada dasarnya tiap anak terlahir kreatif, namun jika tidak diasah akan menurun seiring bertambahnya umur lho, Bunda. Untuk mengasah kreativitas Si Kecil, sebenarnya bisa dimulai bahkan sejak ia baru lahir lewat interaksi sederhana dengan orang tua. Nah, saat memasuki periode emas masa pertumbuhannya, tentu Bunda harus memikirkan cara-cara agar perkembangan otak Si Kecil semakin optimal. Yuk, coba beberapa cara dan kegiatan menyenangkan berikut ini untuk mengembangkan potensi kreativitas yang dimiliki Si Kecil agar semakin maksimal.

  • Berikan Beragam Permainan untuk Si Kecil

Mengasah kreativitas tak harus lewat permainan mahal kok, Bunda. Bahkan permainan menarik seperti membuat alat musik dari peralatan memasak juga bisa memancing kreativitas Si Kecil. Supaya anak tak bosan, kuncinya adalah menyediakan lebih dari satu jenis permainan. Jika tak ingin membeli,

Bunda bisa mencari ide dari internet untuk membuat sendiri mainan sederhana bagi Si Kecil. Berikan juga kesempatan bagi Si Kecil bermain di luar rumah dengan teman-temannya ya, karena ini tak hanya membantunya semakin kreatif tapi juga membuat anak belajar berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain.

  • Ajak Si Kecil Membuat Sesuatu Bersama

Selain bisa menjadi kegiatan yang menguatkan ikatan antara orang tua dengan anak, membuat sesuatu bersama dengan Si Kecil akan membantu anak untuk menuangkan sisi kreatifnya.

Misalnya Bunda bisa mengajaknya untuk berlatih melipat kertas, menggambar, atau bahkan menyusun balok-balok permainan bersama. Tak perlu khawatir jika hasil kreasinya belum bagus menurut Bunda, karena tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak bisa menumpahkan ide-ide dan kreasi apa pun yang ia miliki.

cara meningkatkan kreativitas anak
Mengeksplorasi Berbagai Hal Dapat Membantu Anak Berkembang
  • Biarkan Anak Berimajinasi Sesuka Hati

Saat usianya semakin bertambah, biasanya daya imajinasi Si Kecil semakin tak terbatas. Hal ini dapat terlihat dari tindakannya yang senang bermain pura-pura menirukan sesuatu, ingin tahu tentang banyak hal serta ingin mencoba dan mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitarnya. Untuk bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya, Bunda bisa mengajak Si Kecil berpura-pura memerankan sebuah tokoh yang diciptakan oleh Si Kecil. Berikan Si Kecil kesempatan untuk berimajinasi memikirkan seperti apa sifat dan kebiasaan tokoh tersebut.

  • Beri Kesempatan Si Kecil Mengeksplorasi Berbagai Tempat

Menjelajah ruangan di dalam rumah, lingkungan sekitar rumah, hingga tempat-tempat menarik seperti museum dapat membangun kreativitas anak. Biarkan ia melihat-lihat berbagai banyak hal dan tempat yang menarik perhatiannya karena di mata Si Kecil, tempat-tempat ini adalah area bertualang yang menyenangkan, lho, Bunda. Jika Si Kecil sudah puas menjelajah rumah dan sekitarnya, ajaklah ia mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik seperti taman bermain atau museum yang ramah anak agar ia berkesempatan mengeksplorasi lebih banyak tempat.

  • Contoh Kreativitas Anak Usia Dini

Selain melakukan beberapa hal tadi, berikut adalah beberapa contoh kreativitas anak usia dini lainnya yang bisa dilakukan Si Kecil: melukis, menggambar, mewarnai, berkebun, bermain tebak-tebakan, serta kegiatan lain yang membuat anak dapat belajar sambil bermain. Kegiatan belajar yang diselipi permainan ini tentunya baik untuk meningkatkan dan menumbuhkan kreativitas Si Kecil sejak usia dini.

Hal-Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Anak

Selain melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya Bunda dan Ayah sebagai orang tua juga menghindari hal-hal berikut ini agar tak menghambat berkembangnya kreativitas Si Kecil.

  • Terlalu Membebani Si Kecil dengan Banyak Kegiatan

Aktif melakukan banyak hal memang baik, tapi ingatlah bahwa Si Kecil hanya anak kecil yang juga butuh istirahat. Jangan sampai Si Kecil terlalu sibuk ikut kegiatan ini itu sehingga kelelahan dan pada akhirnya malah kehabisan tenaga. Pastikan Si Kecil selalu memiliki waktu bebas yang bisa digunakannya untuk melakukan hal-hal yang disenangi sehingga kreativitasnya terasah tanpa harus merasa kelelahan karena banyak kegiatan.

  • Terlalu Mengatur atau Banyak Melarang

Membiarkan Si Kecil memiliki banyak pilihan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan cara berpikir out of the box lho, Bunda. Inilah kenapa anak yang kreatif biasanya selalu punya banyak cara atau alternatif jawaban atas sebuah permasalahan. Jadi jika Bunda atau Ayah terlalu banyak mengatur, menghalangi keinginan Si Kecil atau sering melarangnya melakukan banyak hal apalagi yang ia suka, hal ini justru akan membuat anak mengubur sisi kreatif yang dimilikinya.

  • Sering Menyalahkan Si Kecil

Terkadang orang tua sering menganggap inisiatif anaknya sebagai bentuk kenakalan sehingga sering menyalahkan Si Kecil. Padahal belum tentu yang dilakukan Si Kecil adalah sebuah kesalahan. Bisa saja ini adalah cara Si Kecil untuk mengekplorasi lingkungan serta sisi kreatif yang ada dalam dirinya. Jika Bunda terlalu sering menyalahkan Si Kecil, lama-lama ia bisa merasa malas untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang dimilikinya.

Dampingi Si Kecil Mengembangkan Kreativitas yang Dimilikinya

Selain mempraktikkan cara-cara tadi serta menghindari hal-hal yang menghambat kreativitas anak, yang perlu diingat adalah peran orang tua dalam mendampingi dan mendidik Si Kecil. Bunda tetap bisa membiarkan Si Kecil asyik bermain dan berkreasi sesuka hatinya untuk mengembangkan kreativita namun tetap mendampingi dan mengawasinya.

Bunda juga mendukung Si Kecil tetap aktif berkreasi dengan memandikan Si Kecil menggunakan rangkaian produk Cussons Hot Wheels Edition untuk merawat dan melindungi rambut dan kulit Si Kecil. Dengan kandungan bahan-bahan alami Cussons Hot Wheels Edition tak hanya melembutkan kulit Si Kecil, tapi juga membuatnya wangi dan segar sepanjang hari sehingga ia tetap ceria dan bersemangat mengembangkan kreativitasnya.

 

 

 

Leave a Reply

0 Comments