Berbagai Permainan Anak yang Mendidik dan Menyenangkan untuk Dieksplorasi Si Kecil

Bunda, agar kemampuan otak si Kecil berkembang optimal, yuk berikan stimulus lewat berbagai permainan anak yang mendidik berikut ini.

permainan anak yang mendidik
Ajak si Kecil Melakukan Permainan Yang Mendidik Untuk Dieksplorasi

 

Permainan Anak yang Mendidik Itu Penting!

Memasuki periode emas perkembangan anak, memilih permainan anak yang mendidik untuk Si Kecil menjadi hal yang penting. Bermain memang kegiatan yang sangat menyenangkan bagi Si Kecil, apalagi di usianya yang sedang aktif mencoba dan mengeksplorasi berbagai hal. Sayangnya, tidak semua permainan anak memiliki dampak positif. Bermain gadget misalnya, jika dilakukan terlalu sering dan dalam durasi waktu yang lama, justru membuat perkembangan Si Kecil terganggu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak memakai gadget. Sedangkan balita di atas usia 2 tahun, sebaiknya tidak memainkan gadget lebih dari 1 jam per hari. Jadi, meski memberikan gadget kepada anak tidak dilarang, namun gadget bukanlah permainan mendidik sehingga sebaiknya diberikan dengan

Inilah mengapa mengetahui jenis-jenis permainan yang tepat untuk anak penting bagi para orang tua. Dengan memahami mana jenis permainan yang lebih baik dan mendidik untuk Si Kecil, orang tua tak hanya bisa memilih permainan yang menghibur anak tapi juga mendapatkan manfaat positif untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Manfaat Permainan Mendidik untuk Tumbuh Kembang Anak

Lewat permainan yang tepat dan sesuai untuk Si Kecil, ada banyak manfaat positif yang bisa didapat Si Kecil terkait tumbuh kembangnya.  Manfaat yang didapat sebenarnya bergantung pada jenis mainan yang digunakan. Namun secara umum, permainan yang mendidik punya manfaat berikut ini untuk Si Kecil:

  • Melatih Kemampuan Sosial dan Emosional

Jika permainan dilakukan Si Kecil bersama saudara atau teman lain seusianya, tentunya permainan ini akan membantu meningkatkan kemampuan sosialisasi dan kemampuan berbahasanya karena ia harus berkomunikasi dengan teman bermainnya. Selain itu, Si Kecil yang berinteraksi dengan anak lain saat bermain akan membantu meningkatkan kemampuannya mengendalikan emosi.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa permainan yang mendidik dapat membantu merangsang daya pikir Si Kecil. Selain menjadi stimulus yang baik untuk otaknya, permainan yang tepat juga meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam memecahkan masalah, berkonsentrasi, memperluas wawasan serta mengasah daya ingat.

  • Stimulasi Kemampuan Motorik

Permainan yang tepat juga bisa melatih keseimbangan serta kemampuan koordinasi motorik kasar dan halus Si Kecil. Apalagi WHO pun menyarankan, untuk anak usia 1-2 tahun, sebaiknya beraktivitas fisik selama tiga jam dalam sehari dan tidak terjebak dalam posisi yang sama dalam waktu lebih dari satu jam.

  • Menambah Kepercayaan Diri

Permainan mendidik biasanya cukup menantang kemampuan dan keahlian Si Kecil. Sehingga saat sukses menyelesaikan atau melakukan permainan tersebut, Si Kecil tentu akan merasa percaya diri atas pencapaian mereka. Jangan lupa untuk memuji keberhasilan Si Kecil ya, Bunda, karena ini akan semakin meningkatkan kepercayaan diri serta membuat mereka merasa dihargai.

permainan yang mendidik
Carilah Permainan Anak Yang Mendidik Sekaligus Menyenangkan Untuk si Kecil

 

Berikan Beberapa Macam Permainan

Si Kecil yang berusia dini mudah merasa bosan, sehingga ada baiknya Bunda menyediakan tidak hanya satu tapi beberapa macam permainan. Permainannya tak perlu menggunakan alat yang mahal, yang penting Si Kecil senang menggunakannya serta mainan tersebut bisa menstimulasi berbagai kemampuan yang penting untuk tumbuh kembangnya.

  • Puzzle

Tak perlu puzzle yang rumit dan berukuran besar, sebaiknya carilah puzzle dengan bentuk yang kecil dan potongan-potongannya cukup besar agar memudahkan Si Kecil saat bermain. Dengan menyusun puzzle, otak Si Kecil akan diasah kemampuan berpikir dan daya ingatnya. Selain itu, menggengam puzzle dan memasang potongan-potongannya jadi sebuah kesatuan juga akan melatih kemampuan motorik tangan Si Kecil dan kemampuan koordinasinya dalam menyusun objek agar membentuk sesuatu.

  • Menyusun Balok

Jika Si Kecil sudah bisa ditinggal sendirian saat main, menyusun balok bisa jadi permainan menyenangkan untuknya. Permainan ini tak hanya membantu Si Kecil meningkatkan kreativitas tetapi juga mengasa daya imajinasinya saat membuat berbagai bentuk benda dari susunan balok-balok. Selain itu, karena menyusun balok bisa dimainkan dengan berbagai cara, Bunda tak perlu khawatir Si Kecil cepat bosan saat memainkannya.

  • Bermain Pasir atau Tanah Liat

Membentuk pasir atau tanah liat bisa jadi salah satu permainan seru untuk Si Kecil. Saat si Kecil bereksplorasi menggunakan pasir atau tanah liat, ia akan mengembangkan kemampuan motoriknya. Saat meremas atau menekan pasir dan tanah liat,

Si Kecil berlatih menggerakkan otot tangan dan lengan, saat ia membentuk media ini menjadi objek maka koordinasi tangan dan matanya akan diasah. Tak hanya itu, bermain pasir atau tanah liat akan menyalurkan daya imajinasinya karena Si Kecil harus membentuk sesuatu dari media yang ia mainkan tersebut.

  • Melipat Kertas

Sambil melipat kertas, Si Kecil bisa belajar mengembangkan kreativitasnya serta melatih kesabaran karena jika tak sabar maka kertas yang dilipat tak bisa jadi sesuai bentuk yang diinginkan. Meski biasanya melipat origami  meniru pola yang sudah ada, namun permainan ini tetap mengasah pola pikir anak karena ia tetap harus berpikir bagaimana agar kertas yang dilipatnya bisa menghasilkan bentuk sesuai contoh.

  • Bermain Peran dengan Teman

Untuk permainan yang satu ini, sebaiknya Si Kecil main dengan orang lain  dan didampingi oleh Bunda agar kemampuannya semakin terasah. Bermain peran punya banyak manfaat dan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, sosialisasi, serta memicu daya imajinasi dan daya pikir kreatif. Tak hanya itu, di usia balita Si Kecil adalah seorang peniru yang ulung sehingga permainan ini bagus untuk menyalurkan kreativitasnya.

  • Permainan Tradisional Indonesia

Bunda tentu ingat saat kecil sering bermain permainan tradisional bersama teman-teman sebaya? Berbagai permainan tradisional ini juga merupakan permainan mendidik. Untuk permainan di luar ruangan, sudah pasti akan melatih kemampuan fisik Si Kecil. Sedangkan untuk permainan di dalam ruangan yang menggunakan alat seperti congklak, bisa mengembangkan kecerdasan otak karena Si Kecil harus mengatur strategi saat memainkannya.

Lakukan Permainan Ini Bersama Si Kecil

Lewat permainan tadi, Si Kecil akan mendapatkan stimulasi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Pilihlah permainan yang memang cocok dengan umur dan perkembangannya agar stimulus yang dihasilkan dari permainan tadi semakin optimal ya, Bunda. Terus dampingi dan didik Si Kecil saat bermain, agar waktunya tak hanya habis untuk bermain tapi juga sempat beristirahat dan melakukan aktivitas lainnya.

Saat Si Kecil sibuk bereksplorasi lewat permainan, jangan lupakan juga waktu mandi untuk kembali menyegarkan Si Kecil bersama Cussons Kids Hot Wheels Edition. Tak hanya menjaga dan melindungi kulit tubuh dan rambut Si Kecil, segarnya Cussons Kids Hot Wheels Edition membuat Si Kecil tetap ceria meski sibuk bermain sepanjang hari.

 

 

Leave a Reply

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *