sabun anak

Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sabun Anak

Merawat tubuh anak tidak boleh sembarangan, harus menggunakan sabun anak untuk mandi yang telah diformulasikan khusus. Penting dalam menjaga kulit si Kecil sejak baru lahir hingga beranjak dewasa.

Salah satu aspek penting dalam kehidupan Si Kecil adalah menjaga kebersihan tubuhnya. Yang dimaksud di sini adalah bagaimana seluruh bagian tubuh Si Kecil selalu bersih, sehat dan membuatnya layak dipandang.

Sabun Anak Yang Baik

Kita tahu bahwa kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Ia menutupi dan melindungi organ-organ dalam lainnya dari gangguan eksternal—termasuk dari paparan mikroorganisme yang berbeda-beda jenisnya. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengajarkan Si Kecil untuk membersihkan kulitnya. Jika tidak, bakteri yang terkumpul di sana setiap harinya bisa menimbulkan penyakit.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh Si Kecil selalu bersih:

  • Mandi secara rutin merupakan cara paling umum untuk membersihkan kulit. Sebenarnya, mandi 2-3 kali dalam seminggu cukup untuk menjaga kebersihan tubuh anak. Namun, apabila Si Kecil sering melakukan kontak dengan lingkungan sekitarnya, ada baiknya mandi setiap hari. Dengan begitu, Bunda bisa memastikan tidak ada bakteri yang menempel dan membahayakan tubuhnya. Ajarkan Si Kecil mandi dua kali sehari, yakni sebelum dan setelah selesai berkegiatan.
  • Ajarkan Si Kecil membasuh bagian tubuhnya—mulai dari tangan, ketiak, tungkai, selangkangan, punggung, perut, pusar, siku dan lutut. Tunjukkan pada anak bagaimana cara melakukannya dan biarkan ia mempraktikannya sendiri.
  • Bunda harus berhati-hati dan teliti saat mengajarkan Si Kecil untuk membersihkan tubuhnya. Pastikan Si Kecil juga membersihkan bagian leher yang mungkin kerap terlewat.
  • Biasakan menggunakan sabun saat mandi.
  • Ada beberapa anak yang tidak suka mandi. Bunda harus membuat kebiasaan ini menjadi menyenangkan untuk Si Kecil. Bunda bisa memberi reward kepada Si kecil jika ia bisa membersihkan dirinya sendiri dengan baik.
anak sedang mandi
Beri pengertian kepada Si Kecil untuk menjaga kebersihan dirinya.

Kebersihan tubuh adalah bagian dari menjaga kesehatan dan membantu anak merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Dengan begitu, Si Kecil pun menjadi lebih percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Selain itu, mandi di penghujung hari juga bisa menjadi bagian dari rutinitas yang menyegarkan dan menenangkan bagi Si Kecil.

Membersihkan diri dengan sabun menawarkan perlindungan lebih untuk Si Kecil. Selain dapat menghilangkan bau tidak sedap, itu juga memusnahkan sel-sel kulit mati, bakteri dan keringat yang menempel di badannya. Nah, karena sabun digunakan untuk membersihkan tubuh anak setiap hari, Bunda harus memilih produk yang terbaik untuknya. Bisa dimulai dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya atau memperhatikan panduan berikut ini.

Panduan Memilih Sabun Anak

memilih sabun anak
Pastikan Bunda memilih produk sabun terbaik untuk Si Kecil.

Secara keseluruhan, berikut beberapa hal yang harus Bunda lakukan sebelum memilih sabun anak:

1. Mengetahui Kondisi Kulit si Kecil

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sabun anak adalah mengetahui terlebih dulu kondisi kulit Si Kecil. Sebagian besar anak dilahirkan dengan kulit yang sehat. Namun, ada beberapa yang memiliki kulit sensitif. Jika kulit Si kecil lebih sensitif dibanding anak-anak lainnya, Bunda harus memilih sabun dengan kandungan bahan yang lebih lembut.

Kemudian, sabun untuk anak dengan kondisi khusus seperti eksim juga tidak bisa disamakan. Pilih sabun yang paling cocok dengan kondisi Si Kecil agar kulitnya selalu sehat. Jangan sampai salah pilih produk ya, Bunda!

2. Memilih Sabun Dengan Bahan Alami

Saat memilih produk untuk Si Kecil—baik sabun, sampo, maupun losion—selalu perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Pilih yang terbuat dari bahan alami-alami dan bebas racun (pahami kandungan sabun yang baik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya). Saat ini, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Anak-anak belum memiliki kekebalan tubuh yang tinggi untuk menangani racun dalam jumlah besar sehingga itu sangat berbahaya untuk mereka.

3. Membaca Label Kemasan dengan Teliti

Saat ingin membeli sabun untuk Si Kecil, ada baiknya Bunda membaca label kemasan di bagian belakang. Dengan begitu, Bunda tahu persis apa saja yang terkandung di dalamnya. Luangkan waktu beberapa menit untuk memeriksanya dengan teliti ya, Bunda.

4. Pilih Produk Sabun dengan Review yang Menjanjikan

Untuk kesehatan Si Kecil, Bunda pasti tidak ingin mengambil risiko. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan melihat rekomendasi dari beberapa sumber sebelum memilih sabun anak. Bisa dari pakar kesehatan maupun orang-orang terdekat yang pernah mencobanya. Bunda juga bisa membaca sebanyak mungkin ulasan dari pelanggan di situs-situs tertentu. Meski begitu, Bunda juga jangan langsung percaya apa kata orang, ya. Ada baiknya melakukan recheck sebelum akhirnya benar-benar memilih produk tersebut.

5. Pilih Produk dari Brand yang Sama

Tidak hanya sabun, sebagian besar brand biasanya memiliki rangkaian produk kebersihan untuk anak. Produk-produk tersebut dibuat dengan kualitas yang sama. Jika satu produk cocok, maka kemungkinan produk lainnya juga aman untuk anak. Gunakan satu brand yang paling sesuai untuk Si Kecil. Membeli produk perawatan kulit dari merek yang berbeda akan ‘membingungkan’ tubuh Si Kecil. Oleh sebab itu, hal tersebut harus dihindari.

Sebagai contoh, Bunda bisa menggunakan rangkaian produk dari Cussons Kids untuk merawat kebersihan Si Kecil. Mulai dari body wash, 2 in 1 shampoo dan conditioner, cologne, pasta gigi dan sikat gigi. Si Kecil yang sedang aktif pasti membutuhkan produk-produk aman yang membantunya tetap sehat dan segar setiap hari!

6. Pastikan Produk Telah Teruji Secara Dermatologis

Pastikan sabun untuk si Kecil yang Bunda pilih telah teruji secara dermatologis. Sebagian besar perusahaan melakukan uji klinis terlebih dulu untuk memastikan bahwa produk mereka aman digunakan. Penting untuk mencari informasi ini sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Baca Juga: Ingin Memiliki Anak Mandiri? Ini Hal-hal yang Bisa Dilakukan

Kandungan Sabun Anak yang Perlu Diperhatikan

kandungan sabun untuk mandi
Perhatikan kandungan sabun yang baik dan buruk untuk si Kecil.

Kulit anak jauh lebih sensitif dibanding orang dewasa. Menurut Leslie Solomonia, profesor dari Canadian College of Naturopathic Medicine, ini karena sistem kekebalan tubuh anak belum berkembang dengan sempurna. “Oleh sebab itu, sabun anak yang digunakan harus yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi,” ungkapnya.

Saat ingin membeli sabun anak, Bunda pasti bingung dengan banyaknya produk di luar sana. Apalagi bahan baku dan jenisnya juga beragam. Bunda perlu memahami bahan apa saja yang terkandung dalam sabun. Ada beberapa yang baik untuk digunakan, tetapi ada juga yang berbahaya.

Sabun anak yang baik mengandung:

  • Formula tear-free: Sabun dengan formula tear-free biasanya memiliki bahan baku yang lembut, tidak membuat mata Si Kecil perih dan berair. Dengan begitu, mata anak Bunda pun terhindar dari risiko iritasi.
  • Emolien: Bahan ini membantu melindungi Si Kecil dari kulit kering. Ia memiliki sifat menyejukkan dan melembutkan kulit. Jika memilih sabun dengan kandungan emolien, kulit anak akan terasa lebih kenyal dan cerah.
  • Hipoalergenik: Sabun dengan label hipoalergenik menunjukkan bahwa produk tersebut tidak akan menimbulkan reaksi alergi saat digunakan Si Kecil. Kandungan hipoalergenik juga tidak membuat kulit iritasi sehingga aman bagi anak. Lebih lanjut, sabun jenis ini cocok bagi anak-anak yang memiliki kulit kering atau eksim.
  • PH seimbang: pH yang terkandung dalam sabun sangat penting. Kebanyakan sabun mengandung alkalin dengan pH sekitar 10. Itu dapat mengganggu kerja pH di bagian terluar kulit. Juga bisa menghilangkan lipid dari permukaan kulit sehingga menyebabkan iritasi dan masalah lainnya. Pada 2016, para pakar kesehatan kulit di Eropa merekomendasikan bahwa sabun anak minimal mengandung cairan pembersih dengan pH sekitar 5,5-7.
  • Moisturizer: Kandungan pelembap atau moisturizer juga faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit Si Kecil. Apalagi, jika Bunda dan keluarga tinggal di iklim tropis.
  • Vitamin: Saat ini banyak tersedia sabun dengan kandungan vitamin di dalamnya. Termasuk vitamin E, D, A yang dapat memberikan manfaat ekstra pada kulit Si Kecil.

Kandungan sabun anak yang harus dihindari:

  • Sulfat: Sulfat merupakan bahan kimia yang harus dihindari, teritama sodium lauryl sulfate (SLS). Menurut peneliti, sulfat dapat menyebabkan iritasi kulit. Ia menghilangkan minyak esensial alami dari lapisan teratas kulit. Dampaknya, kulit akan kering dan mengelupas.
  • Triklosan: Triklosan sebenarnya memiliki zat antibakteri. Namun, dilansir dari Best Present Guide, penggunaan zat antibakteri seperti triklosan pada sabun anak tidak direkomendasikan lagi. Ini karena beberapa penelitian mengungkapkan bahwa triklosan dapat menyebabkan infertilitas dan pubertas dini.
  • Alkohol: Alkohol menjadi salah satu yang tidak boleh ada pada sabun untuk anak. Salah dua jenis alkohol seperti etanol dan isopropil harus dihindari. Itu dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Bahkan menyebabkan ruam kemerahan di beberapa bagian tubuh.
  • Bahan kimia berbahaya lainnya: Bunda harus mengingat bahan-bahan kimia berbahaya berikut. Paraben, methylchloroisothiazolinone (MCI), methylisothiazolinone (MI), asam salisilat, formaldehida, dan metil dibromo glutaronitril, tidak boleh digunakan pada sabun anak. Jika memiliki kandungan bahan kimia tersebut, kulit Si Kecil akan mengalami iritas, gatal-gatal, ruam, alergi dan memperburuk eksim. Bahan kimia lain yang perlu dihindari adalah niacinamide, gliserin, ceramides.
sabun anak
Kandungan bahan berbahaya pada sabun anak dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Inti dari memperhatikan kandungan yang terdapat pada sabun anak adalah untuk memastikan bahwa kulit Si Kecil tidak iritasi akibat memilih produk yang salah. Sebaliknya, dengan memahami bahan-bahan apa saja yang aman pada sabun, Bunda membantu menjaga kesehatan kulit Si Kecil.

Cussons Kids memiliki produk sabun anak yang dijamin aman bagi Si Kecil. Ini karena produk dari Cussons Kids telah teruji secara dermatologis dan memberikan perlindungan lengkap bagi anak. Ada beragam jenis sabun yang bisa Bunda Anda pilih. Untuk anak laki-laki, Bunda bisa memlih Hot Wheels Fresh & Clean Body Wash dengan wangi apel yang sehat dan menyegarkan. Sementara untuk anak perempuan, ada varian Unicorn Liquid Soft & Smooth Soap dan Naura Limited Edition Body Wash Active & Nourish dengan wangi stroberi dan berry yang manis.

Dengan memilih sabun dari Cussons Kids, Bunda tidak perlu khawatir dengan kandungan yang ada di dalamnya. Sabun Cussons Kids ini menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak jojoba, minyak almond dan lidah buaya. Selain itu, terdapat kandungan vitamin E dan pH seimbang yang menjaga kehalusan kulit,

Ketiga varian sabun tersebut mudah dibilas dan tidak membuat kulit kering. Kulit Si Kecil dijamin tetap lembap dan segar meski beraktivitas seharian!

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum memilih sabun anak. Perawatan kulit Si Kecil adalah suatu hal yang tidak bisa dikompromi. Pastikan sabun  yang digunakan Si Kecil tidak memiliki efek samping dan membahayakan kehidupannya. Bunda harus memilih produk yang terbaik untuknya!

 

 

Leave a Reply

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Saatnya bergabung di Dunia Cussons Kids!