sampo anak

Rekomendasi Sampo Anak Untuk Rambut dan Cara Memilihnya?

Memilih sampo untuk anak sangatlah penting karena tidak boleh asal pilih. Haruslah memilih sampo anak yang aman tidak pedih dimata dan juga sampo harus aman untuk kulit kepala si Kecil. Pilihlah sampo yang telah lulus uji hypoallergenic dan dermatology tested.

Bunda pasti tahu bahwa Si Kecil selalu melakukan kontak dengan dunia di sekitarnya. Ini sangat bagus untuk perkembangan anak tapi juga membuatnya terpapar bakteri dan virus yang bisa membuat Si Kecil sakit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan diri Si Kecil. Selain menghindari penyakit, kondisi tubuh yang bersih dan rapi juga membuat anak lebih percaya diri dan merasa bangga dengan penampilannya.

Mengajarkan anak-anak untuk memperhatikan kebersihan diri sejak kecil akan menciptakan kebiasaan baik yang akan bertahan hingga mereka dewasa. Perlu diketahui bahwa kebersihan diri tidak hanya sekadar cuci tangan dan kaki. Namun, itu juga melibatkan perawatan kepada seluruh anggota badan, mulai dari wajah, kulit, badan, dan rambut.

Mengenal Sampo Anak

Kandungan dari sampo anak yang bagus harus bunda perhatikan. Karena rambut juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan Bunda dan Si Kecil. Hampir setiap hari Si Kecil dihadapkan pada hal-hal yang dapat membuat rambutnya rusak. Sebagai contoh, ada paparan sinar matahari, zat kimia dari kolam renang atau sampo, hingga alat-alat yang digunakan untuk menata rambut Si Kecil (pengering rambut, alat catok, dan sebagainya).

Rambut yang tidak sehat akan membuat anak tidak nyaman. Bahkan, mengganggu penampilannya. Sebagai contoh, perawatan yang buruk akan membuat rambut Si Kecil mudah rontok, kusut, kering dan patah. Selain itu, salah satu jenis kerusakan rambut yang umum adalah ujung bercabang. Jika rambut bercabang, itu akan pecah-pecah dan mengubah warna aslinya. Pada akhirnya, Bunda terpaksa harus memotong rambut Si Kecil agar rambut yang sehat bisa tumbuh setelahnya.

Rambut yang memiliki masalah juga akan mengganggu kegiatan sehari-hari anak serta kesehatannya. Terutama saat rambut Si Kecil kutuan, berketombe, dan menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kerusakan rambut pada Anak adalah dengan perawatan yang tepat. Termasuk memilih sampo terbaik untuk Si Kecil.

Kandungan Sampo Untuk si Kecil

anak keramas
Perhatikan kandungan pada sampo anak, jangan sampai ada bahan kimia yang membahayakan

Di masa perkembangannya, kulit Si Kecil sangat sensitif. Bunda harus mengetahui kandungan yang ada pada sampo anak sebelum menggunakannya pada Si Kecil. Kandungan sampo yang tidak cocok dengan kulit Si Kecil akan menyebabkan iritasi.

Sampo anak yang baik untuk digunakan biasanya mengandung surfaktan dan air. Namun, terkadang ada sampo yang mengandung banyak detergen atau zat pembersih yang tinggi. Sebaiknya, Bunda menghindari produk sampo yang mengandung sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS). Zat-zat ini memiliki sifat pembersih berlebihan yang justru akan meluruhkan minyak di kulit dan kepala dan rambut. Dampaknya, itu dapat menimbulkan iritasi dan membuat mata Si Kecil menjadi perih.

Selain itu, kandungan detergen serta SLES dan SLS pada sampo anak dapat membuat Si Kecil kehilangan kelembapan kulitnya. Kulit kepala dan rambut anak pun menjadi kering. Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu munculnya reaksi kanker serta gangguan imunitas tubuh.

Sampo anak yang bagus biasanya tidak berbau tajam dan tidak terlalu kental. Batas aman detergen adalah 35% dengan 60% air. Tak hanya SLES dan SLS, ada kandungan lain pada sampo yang perlu Bunda perhatikan. Ammonium lauryl sulfare, ammonium xylene sulfonate, formaldehida dan doixane juga termasuk bahan berbahaya yang harus dihindari.

Sebelum membeli sampo untuk anak, pastikan Bunda memahami kandungan yang terdapat di dalamnya. Pilih produk dengan beragam nutrisi agar rambut Si Kecil tumbuh sehat, lebat, kuat dan halus. Selain itu, ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih sampo anak. Kami akan menjelaskannya di panduan selanjutnya.

Panduan Cara Memilih Sampo Anak

cara memilih shampoo anak
Mulai dari jenis, bahan, hingga kebutuhan, pilih sampo yang baik untuk Si Kecil.

Kita tahu bahwa rambut Si Kecil masih sangat rapuh dibandingkan orang dewasa. Oleh sebab itu, penting untuk merawatnya dengan baik sehingga rambut tidak mengalami kerusakan. Bunda mungkin terkadang bingung memilih sampo terbaik untuk anak. Saat ini, banyak sekali pilihan sampo untuk mereka. Namun, apakah itu benar-benar bagus untuk rambutnya?

Berdasarkan keterangan sebelumnya, Bunda harus memperhatikan kandungan utama pada sampo anak: dari bahan-bahan apa saja ia dibuat. Lebih lengkapnya, saat ingin memilih sampo untuk Si Kecil, sebaiknya Bunda memperhatikan hal-hal berikut:

1. Memperhatikan Jenis Sampo

Sebagian besar sampo anak telah diuji secara klinis dan tidak memiliki efek samping. Meski begitu, Bunda tetap harus memperhatikan jenis-jenis yang aman untuk Si Kecil. Misalnya pilih yang menggunakan bahan organik dan alami, seperti dari buah-buahan, lidah buaya atau minyak argaNN Bunda juga wajib memilih sampo yang memiliki kandungan hipoalergenik (tidak menyebabkan alergi).

2. Sesuaikan Dengan Umur si Kecil

Sebelum memilih sampo untuk Si Kecil, pastikan produknya cocok untuk umurnya. Anak-anak yang lebih kecil biasanya lebih suka menggunakan sampo yang wangi dan tidak terlalu kental. Produknya juga biasanya tidak mengandung banyak bahan kimia. Perlu diketahui bahwa sampo yang memiliki tingkat pH tinggi akan menyebabkan rambut cepat rusak.

3. Membaca Label Kemasan

Ini merupakan langkah yang juga harus Bunda perhatikan. Sebaiknya, Bunda memahami dengan baik kandungan-kandungan apa saja yang ada di dalam sampo anak. Beberapa sampo biasanya mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan Si Kecil. Dengan mengetahui kandungan yang terdapat dalam sampo, Bunda menghindari Si Kecil dari penyakit.

4. Hindari Sampo Yang Mengandung Bahan Kimia dan Pewarna

Masih berkaitan dengan poin di atas, beberapa sampo terkadang mengandung bahan kimia. Pada orang dewasa, sampo seperti ini tidak terlalu berbahaya. Bahkan, efektif untuk merawat rambut. Namun, pada anak-anak, dampaknya sangat berbahaya. Bahan-bahan kimia berbahaya yang sebaiknya dihindari seperti paraben, phenoxyethanol, glycolyn, dan lainnya.

5. Pilih Sampo Sesuai Kebutuhan Rambut Anak

Saat ini, tersedia bermacam-macam jenis sampo dengan berbagai fungsi. Pilih yang sesuai kebutuhan anak. Jika Si Kecil memiliki rambut normal, pilih produk sampo untuk tipe rambutnya. Namun, jika ia berketombe, pilih sampo antiketombe. Begitu juga apabila rambut Si Kecil mudah lepek, pilih sampo dengan fungsi antilengket. Jika ingin rambut Si Kecil cepat panjang, gunakan sampo dengan bahan lidah buaya. Atau jika ingin rambut anak tebal dan hitam, pilih yang berbahan dasar kemiri. Produk-produk tersebut tersedia di banyak supermarket atau e-commerce dengan harga yang terjangkau.

6. Pilih sampo yang “lembut” untuk Si Kecil

Sampo yang Bunda pilih harus lembut untuk anak. Maksudnya yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala Si Kecil. Sebaiknya, jangan hanya memilih sampo yang wangi saja, tapi juga yang mampu membersihkan rambut anak secara mendalam.

7. Penting Untuk Memilih Sampo yang Mengandung Vitamin

Bunda harus memilih produk sampo yang mengandung vitamin. Dengan begitu, kesehatan rambut dan kulit kepala Si Kecil akan terjamin. Ia pun akan memiliki rambut yang indah!

Sampo Anak Terbaik Untuk Merawat Rambut

Jika berbicara tentang sampo, Bunda dapat memilih produk dari Cussons Kids yang bagus untuk Si Kecil. Produk dari Cussons Kids telah teruji secara dermatologis dan memberikan perlindungan lengkap dengan keharuman yang lebih tahan lama.

Varian samponya pun cukup beragam dan disesuaikan dengan kesukaan Si Kecil. Untuk anak laki-laki, Bunda sebaiknya memilih Hot Wheels Fresh & Nourish Shampoo dengan wangi apel yang segar dan tahan lama sepanjang hari. Sementara untuk anak perempuan, Bunda bisa memilih varian Unicorn Soft & Smooth Shampoo dengan wangi stroberi atau Naura Limited Edition Shampoo Black & Shiny yang bisa membuat rambut Si Kecil lebih berkilau.

Sampo-sampo dari Cussons Kids diketahui mengandung minyak argan alami, vitamin B, dan pH seimbang sehingga aman bagi anak. Sampo ini memang diformulasikan khusus untuk pemakaian sehari-hari—membuat rambut Si Kecil mudah disisir dan terlindung dari bau Matahari. Tak kalah penting, produk sampo dari Cussons Kids juga bermanfaat untuk melembapkan dan menutrisi rambut anak!

Baca Juga: Cara Agar Rambut Anak Hitam, Panjang, dan Tebal

Perawatan Lainnya Untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anak

kesehatan rambut
Ajarkan Si Kecil untuk merawat rambutnya ya, Bunda!

Banyak hal yang dilakukan sehari-hari ternyata berbahaya bagi rambut. Jika dibiarkan terus menerus, efeknya akan membuat rambut rusak dan tidak menarik. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengajarkan Si Kecil kebiasaan sehat saat merawat rambutnya. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan:

  • Lindungi rambut dari kondisi paparan sinar Matahari. Tutupi kepala Si Kecil dengan topi saat cuaca sangat panas. Dengan begitu, rambut akan tetap terjaga kesehatannya.
  • Saat menguncir rambut anak, gunakan ikat rambut karet yang dilapisi dengan kain.
  • Tata rambut Si Kecil tanpa menggunakan alat-alat atau zat kimia yang berpotensi merusak rambut.
  • Jika terpaksa menggunakan pengering atau pelurus rambut, turunkan kadar panasnya.
  • Setelah Si Kecil berenang, pastikan ia langsung keramas untuk menghilangkan zat kimia dari kolam renang. Zat kimia yang tidak luruh sempurna dapat membahayakan rambut.
  • Anak-anak berisiko mengalami kutuan. Ini harus diatasi segera agar kutu tidak semakin menyebar dan merusak rambut.
  • Ajarkan Si Kecil untuk tidak berbagi barang pribadi seperti sisir, bantal, dan topi. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan kutu.
  • Selain itu, agar tidak tertular kutu dari temannya, sebaiknya kuncir rambut Si Kecil saat bermain. Menguncir rambut juga menghindari penumpukan kotoran dalam jumlah banyak.
  • Bunda harus menjaga pola makan Si Kecil. Apa yang mereka konsumsi sangat berperan pada pertumbuhan rambut. Pastikan Si Kecil banyak makan buah dan sayuran ya, Bunda! Makanan tersebut mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut. Selain itu jangan lupakan gizi lainnya seperti protein. Anak pun harus banyak minum agar tidak dehidrasi.

Jika Bunda mengikuti tips-tips rekomendasi dan cara memilih sampo anak di atas dan menerapkannya kepada anak sedari dini, maka itu akan membantunya memiliki rambut yang sehat sampai dewasa nanti. Perhatikan tanda-tanda rambut rusak pada Si Kecil sehingga Bunda bisa membantu mencegahnya agar tidak lebih parah. Dampingi anak selalu sampai ia bisa merawat rambutnya sendiri. Jika Si Kecil menolak membersihkan rambutnya, Bunda harus tegas dan menerapkan disiplin demi kebaikan dirinya.

 

 

Leave a Reply

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Saatnya bergabung di Dunia Cussons Kids!