Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak Dengan Permainan Imajinasi

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, yuk ajak Si Kecil melakukan lima permainan imajinasi yang seru ini!

tumbuh kembang anak
Permainan Imajinasi Dapat Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Hubungan Permainan Imajinasi dengan Tumbuh Kembang Anak           

Ternyata memiliki imajinasi tinggi berperan penting pada tumbuh kembang anak. Inilah salah satu alasan kenapa Si Kecil sebaiknya didorong untuk melakukan kegiatan yang akan mengasah daya imajinasinya, misalnya bermain imajinasi.

Menurut ahli psikologi klinis dari Australia, Rachel K. Tan, permainan imajinasi seperti berpura-pura menjadi orang lain dan bertingkah meniru orang tersebut membuat Si Kecil belajar menghadapi masalah, menyampaikan keinginan, serta melatih keterampilan motoriknya.

Anak banyak belajar dari pengalaman dan kejadian yang ada di sekitar mereka. Lewat apa yang mereka lihat, cium, dengar, pegang, dan rasakan. Sehingga untuk bisa menyerap pengalaman ini dengan lebih baik, permainan imajinasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Manfaat Permainan Imajinasi untuk Si Kecil

Meskipun di era teknologi seperti sekarang kehadiran gadget  cukup banyak membantu perkembangan anak, di sisi lain perangkat ini juga punya kekurangan dan efek negatif. Untuk itulah permainan imajinasi dibutuhkan, salah satunya agar Si Kecil tak tergantung pada gadget dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, masih ada beberapa manfaat baik permainan imajinasi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Saat melakukan permainan imajinasi, Si Kecil akan belajar bagaimana caranya memecahkan sebuah masalah. Permainan imajinasi merupakan stimulus yang baik bagi otak. Si Kecil akan didorong untuk berpikir lebih kritis dan kreatif saat bermain. Misalnya, ketika anak bermain pura-pura menjadi koki, ia akan berpikir bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak suatu makanan. Meski solusi yang dipikirkan Si Kecil belum tentu tepat, tapi ini adalah stimulus yang bagus untuk otak .

  • Meningkatkan kemampuan bahasa

Tumbuh kembang anak dari sisi berbahasa juga akan meningkat lewat permainan imajinasi. Karena saat bermain, anak bisa menemukan kosa kata baru sekaligus belajar berkomunikasi. Agar lebih optimal, Bunda bisa mendampingi anak saat bermain sehingga dapat memperkenalkan kata-kata baru kepada Si Kecil. Bunda juga bisa mengajak ia bermain dengan teman atau saudaranya yang lain sehingga kemampuan komunikasinya semakin berkembang.

  • Meningkatkan kemampuan motorik

Kemampuan motorik tentunya sangat penting ditingkatkan demi perkembangan anak yang optimal. Ketika Si Kecil melakukan permainan imajinasi, kemampuan motoriknya pun akan dilatih karena anak akan belajar mengontrol dan mengkoordinasikan tangan, mata, serta tubuhnya. Misalnya saat Si Kecil bermain masak-masakan, tentu koordinasi gerakan tangan dan matanya akan dilatih. Ia belajar mengontrol genggaman jari serta gerakan tangan pada alat masak yang dimainkan.

  • Meningkatkan kreativitas Si Kecil

Permainan imajinasi juga membantu meningkatkan kreativitas anak. Saat bermain pura-pura, Si Kecil tentunya bebas melakukan apa pun yang ia inginkan bahkan hal-hal yang mungkin tak bisa dilakukannya di dunia nyata. Ini adalah kesempatan yang baik bagi anak untuk mengeksplorasi dan bertualang sesuka hatinya tanpa batasan

  • Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional

Dari sisi sosial dan emosional, tumbuh kembang anak akan meningkat karena permainan imajinasi melatih kemampuannya untuk berempati dengan orang lain yang bermain bersama. Saat melakukan permainan imajinasi, biasanya Si Kecil juga belajar mengikuti peraturan atau pun mengendalikan diri. Kenapa mengendalikan diri? Karena saat bermain imajinasi dengan orang lain,

Si Kecil didorong untuk mendengarkan dan memberi kesempatan kepada lawan bermainnya. Misalnya Si Kecil memutuskan untuk berperan menjadi Ibu dan lawan bermain menjadi anaknya, ia tentu harus bermain secara bergantian dengan lawan bermainnya tersebut.

tumbuh kembang anak
Mengasah Imajinasi Adalah Stimulus Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

 

Permainan yang Mengasah Imajinasi untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Untuk merangsang dan menumbuhkan imajinasi Si Kecil ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan. Salah satunya adalah lewat permainan karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru untuk Si Kecil. Beberapa permainan dan kegiatan ini bisa Bunda coba lakukan bersama Si Kecil untuk mengasah daya imajinasinya.

  • Bermain Peran

Permainan peran di mana Si Kecil berpura-pura menjalankan sebuah peran adalah stimulus tumbuh kembang yang baik serta dapat mengasah imajinasi Si Kecil. Saat bermain peran, Si Kecil bebas mengekspresikan ide kreatif dan juga mengekplorasi banyak hal. Ia pun bisa belajar banyak hal, mulai dari membuat dialog, berkomunikasi, bersosialisasi dengan lawan main, hingga mengasah kemampuan motorik kasarnya.  Beberapa contoh permainan peran misalnya bermain rumah-rumahan, bermain masak-masakan, atau bermain peran profesi (menjadi koki, pilot, guru, astronot, dll).

  • Mengunjungi Tempat yang Menarik

Saat ada waktu, ajaklah Si Kecil mengunjungi tempat yang menarik baginya seperti museum, kebun binatang, atau bahkan pasar tradisional. Untuk tempat-tempat seperti museum, biasanya ada program khusus bagi anak-anak yang bisa dicoba untuk mengasah imajinasinya.

Sedangkan tempat seperti kebun binatang dan pasar tradisional memberikan kesempatan pada Si Kecil mengeksplorasi tempat-tempat baru sehingga anak mendapat pengalaman dan ide yang bisa digunakan untuk memperluas imajinasi mereka.

  • Ajak Membuat Kreasi

Mulai dari menyusun mainan hingga membuat sendiri peralatan yang akan dipakai bermain, membuat kreasi akan meningkatkan daya imajinasi anak. Misalnya menggunakan kain untuk membangun istana di sofa atau menyusun kardus untuk membuat rumah-rumahan bagi boneka Si Kecil.

Anak yang terbiasa berkesenian tentu memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang baik. Tumbuh kembangnya dari sisi kemampuan motorik juga akan semakin terlatih. Jika perlu, Bunda bisa menyediakan sebuah area khusus yang dilengkapi mainan atau peralatan yang bisa dipakai Si Kecil berkreasi sesuka hati.

  • Membacakan Cerita

Membacakan buku cerita tak hanya bagus sebagai stimulus otak tapi juga dapat mengembangkan daya imajinasi Si Kecil. Selain dibaca, saat mendengarkan cerita atau membaca sendiri, imajinasi Si Kecil akan didorong untuk membayangkan apa yang dilakukan dan dirasakan oleh karakter dalam cerita tersebut.

Ingin daya imajinasi Si Kecil semakin berkembang? Ajaklah ia mengarang cerita sendiri bersama Bunda. Biarkan ia berimajinasi tentang nama karakter, apa sifat karakter tersebut dan bagaimana jalan cerita hidup sang karakter.

Tumbuh Kembang Anak Harus Didampingi Orang Tua dengan Baik

Orang tua sebaiknya terus menumbuhkan dan merawat imajinasi Si Kecil agar perkembangannya dan kecerdasannya di masa depan tetap maksimal. Bunda dan Ayah juga sebaiknya ikut meluangkan waktu bermain imajinasi bersama Si Kecil untuk mempererat ikatan antara orang tua dan anak, ya.

Ketika memilih permainan imajinasi yang akan dilakukan bersama Si Kecil, pastikan permainannya memang sesuai dengan usia Si Kecil serta aman dan nyaman dilakukan oleh anak. Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi terhadap kreasi Si Kecil yang dihasilkannya saat bermain agar anak merasa didukung dan dihargai.

Saat Si Kecil mengembangkan imajinasinya tiap hari, dampingi juga ia dengan rangkaian produk Cussons Kids Unicorn Edition. Diperkaya dengan nutrisi dari bahan alami, rangkaian produk Cussons Kids Unicorn Edition akan melindungi dan merawat rambutnya dan tubuhnya saat ia aktif bermain untuk mengembangkan imajinasinya sepanjang hari. Wanginya yang segar akan membuat Si Kecil jadi lebih ceria dan bersemangat saat bermain imajinasi!

 

 

Leave a Reply

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *